Arena Prestasi

4 Comments

Sebuah sarana biasanya dibangun untuk penunjang pemenuhan kebutuhan. Seperti arena prestasi yang baru-baru ini dibangun di area depan gedung FIS (Fakultas Ilmu Sosial). Tahu akan tujuan sebenarnya dari arena prestasi ini adalah penting untuk mencegah penyalahgunaan sarana ini. Jika dilihat dari keadaan sehari-hari arena prestasi ini mungkin kita akan menyangka arena ini dibuat untuk sekedar nongkrong dan berteduh jika ada hujan.

“Yah mungkin ini dibuat sebagai tempat untuk kegiatan akademik mahasiswa FIS”, ujar Fandi mahasiswa pendidikan sejarah 2011 mengira-ngira. Dari jawaban Fandi dapat disimpulkan bahwa ia tidak begitu mengetahui pasti kegunaan sebenarnya dari arena prestasi.

Jika menurut Treza BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) FIS UNJ (universitas Negeri Jakarta), arena ini dibuat demi kepentingan pengembangan diri mahasiswa FIS UNJ. “Fakultas telah menyediakan fasilitas ini, urusan bagaimana nantinya mahasiswa FIS memanfaatkannya tergantung akan kesadaran mahasiswanya”, jawab Treza. Komarudin, dekan FIS juga menegaskan bahwa ia tidak mengharapkan kalau arena prestasi hanya dipakai untuk sekedar bermain kartu dan merokok saja, tapi dimanfaatkan juga semaksimal mungkin untuk pengembangan diri. (dijadiin kutipan langsung aja)

Mungkin sekilas timbul pertanyaan di benak kita mengapa lebih diutamakan pembangunan arena prestasi mengingat bahwa masih kekurangnya fasilitas di FIS yang lebih dibutuhkan mahasiswa seperti, LCD misalnya. Menurut Komarudin, dana yang diperoleh dari alumni FIS dan sebagian lagi dari dana pribadi para dosen FIS memang diperuntukkan sepenuhnya untuk pembangunan arena prestasi. Jadi, jika fasilitas lainnya masih kurang dan kenapa tidak fasilitas yang kurang itu yang lebih diproritaskan ketimbang arena prestasi, menurut dekan FIS adalah karena semua telah ada jatahnya. (dijadiin kutipan langsung aja) Dana untuk fasilitas fis diperoleh dari SPP sedangkan arena prestasi dari sumbangan. Jadi dana sumbangan tersebut tidak bertanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan fasilitas lainnya.

Dan tidak belum lama ini di arena prestasi ada aktifitas berdagang kerudung yang menimbulkan tanda tanya baru bagi mahasiswa. Mengapa arena prestasi dijadikan tempat berdagang? Tapi menurut Komarudin itu bukanlah penyalahgunaan pemanfaatan, tetapi adalah salah satu bentuk aktifitas pengembangan diri mahasiswa.

guest83

Author

guest83

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *