Sosial Media Rawan Tindak Kejahatan

3 Comments

Perkembangan teknologi di era sosial media memiliki 2 sisi, satu sisinya bernilai positif, sisi lainnya bernilai negatif.

Perkembangan teknologi yang makin pesat memudahkan siapa saja untuk memperoleh informasi. Media pendukung seperti radio, televisi, dan internet, semakin variatif dan menarik dalam menyampaikan informasi. Semua kemudahan itu bisa di manfaatkan untuk menyerap informasi positif sebanyak-banyaknya. Guna membuat cara berpikir lebih terbuka dan luas.

Akan tetapi selain memiliki efek positif, kemajuan teknologi juga mengundang hal yang negatif . Salah satunya cyber bully dan cyber crime akibat perkembangan teknologi internet. Hal inilah yang dikatakan Wicaksana atau populer dengan nama akun twitternya yaitu, ‘Ndorokakung’.

Dalam acara Kumpul Jurnalis untuk Kebebasan Pers 2012, yang diadakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), bertempat di Hotel Santika Sabtu, (21/1). Menurutnya cyber crime bisa dihindari ketika pengguna tidak terlalu ‘terbuka’ dengan media online, lagipula para pengguna media onlinepun telah dilindungi oleh UU. “Memang UU tidak bisa menjamin sepenuhnya keamanan seseorang dalam menggunakan sosial media, ini semua kembali lagi kepada si pengguna sosial media,” kata Ndorokakung.¬

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang sosial media yang aman. Misalnya, pengguna sosial media bisa menerapkan langkah-langkah seperti menjaga kerahasiaan data, jangan terlalu mengumbar foto, bersikap sewajarnya saja dalam menggunakan media. Perihal mengapa ndorokakung tidak menggunakan nama aslinya di twitter, menurutnya popularitas itu membelenggu. “Yang penting bukan nama asli saya, tapi apa yang saya suarakan,” ucapnya.

Menyoal banyaknya sosial media, seperti twitter, facebook, blogspot, koprol, foursquare, flickr, youtube, tumblr dan masih ada banyak lagi itu bukanlah suatu masalah. Asalkan di gunakan sesuai dengan tujuan yang tentunya tidak merugikan pihak tertentu, atau mengganggu kepentingan tertentu. Dengan hadirnya sosial media justru kita dapat memproduksi sesuatu seperti tulisan, foto, ataupun video.

guest83

Author

guest83

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *