Merumuskan Kecantikan

372 Comments

Idealnya buat perempuan, menjadi cantik adalah menjadi perempuan itu sendiri. Maka dari itu, tidak heran jika perempuan berusaha segala cara untuk memperoleh kecantikan yang diidealkannya. Tapi , standar idealisasi kecantikan yang terdapat di Indonesia sendiri tidak hanya satu jenis, melainkan banyak. Dikarenakan beragam etnis yang terdapat di Indonesia ini.

“Perempuan Indonesia dengan berbagai ras, punya standar kecantikan yang beragam. Tapi, media dan arus budaya global berpengaruh menciptakan standarisasi kecantikan, seperti para perempuan Indonesia mengikuti tren-tren perempuan Barat dan baru-baru ini Korea” ujar Amira Husna, Mahasiswa Jurusan Filsafat UI yang menjadi pembicara dalam diskusi bertema Standarisasi Kecantikan Perempuan yang diadakan oleh Kelompok Diskusi Lentera Filsafat, kamis (1/3) di Gedung Daksinapati FIP UNJ. Selain Amira, hadir pula Fitriana Prijayanti, Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris UNJ, dan Yogie Pranowo, Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara.

Sadar Akan Tubuhnya
Menurut Fitriana, untuk menjadi cantik memang perempuan harus mempunyai modal, tapi Fitriana menghimbau jika perempuan terus mengiyakan segala obesesinya untuk menjadi ‘cantik’ dengan sangat royalnya, maka perempuan akan terjebak menjadi ‘budak pasar. Maka dari itu, menurutnya perempuan harus menanamkan filtrasi propaganda citra kecantikan yang ditanamkan oleh pasar.

Selain itu, bahwa perempuan harus sadar akan tubuhnya dan terlepas dari alienasi yang diciptakan media dan kaum adam. “Menjadi subjek adalah menjadi pribadi yang memiliki kesadaran eksistensinya. Dan hanya dengan kesadaran inilah perempuan menjadi bebas,” ujar Yogie.

Perempuan harus sadar bahwa tubuh mereka bukanlah benda, melainkan situasi. Tubuh perempuan bukanlah realitas yang ajeg dan statis, melainkan realitas yang dinamis. “Objektivasi yang dialami perempuan di karenakan mereka menganggap tubuhnya hanyalah benda dan realitas yang ajeg”, tambah Yogie mengutip Beauvoir.

guest83

Author

guest83

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *