Go Green Go Clean di UNJ

2 Comments

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan sedang memberi sambutan pada acara UNJ Go Green Campus 2012

hijau indonesia adalah hijau dunia, untuk kehidupan kita yang lebih baik

Dalam rangka Hari Bumi Sedunia, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan program menanam bibit sejuta pohon di lingkungan kampus A dengan Go Green Campus 2012, dengan tema Green Indonesia For The World.

Acara ini dihadiri juga beberapa petinggi UNJ diantaranya, rektor serta tamu undangan, yaitu Mentri Kehutanan Zulkifli Hasan, Gerakan Perempuan Tanam Pelihara (GPTP), Komunitas Wanita Indonesia (KOWANI). Dari pihak-pihak terkait memang fokus terhadap penghijauan atau go green di Indonesia. Acara inipun dimulai dengan pemberian sambutan oleh Menhut dan pemberian plakat kepada tamu undangan. Dan yang terakhir adalah pemberian simbolik oleh panitia kepada Zulkifli Hasan yang menandakan acara itu dimulai.

Gagasan dan ide go green memang sudah di rencanakan oleh UNJ sendiri. Seperti yang diungkapkan  Rahman Mukhlis, selaku ketua pelaksana acara tersebut yang ditemui pasca selesai pembukaan, bahwa program ini merupakan agenda Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra yang sesuai dengan agenda UNJ. “ Ini memang agenda kami (Eka Citra) dan hal itu juga ternyata sesuai dengan agenda UNJ,” terangnya.

Menurutnya, melihat kondisi global yang sudah memperhatikan. Serta kerusakan hutan Indonesia yang begitu parah, penebangan liar di mana-mana, sampai lahan penghijauan di alih fungsi menjadi gedung-gedung pencakar langit. Hal ini merupakan isu-isu nasional sekaligus dunia.

Melihat dari slogan dan warna dasarnya hijau, UNJ merupakan salah satu kampus pencetus go green. Menhut Zulkifli Hasan pun berdoa, apabila program ini berjalan mulus dan menjaganya dengan baik. “Insya allah ketika saya kembali lagi ke sini, UNJ sudah menjadi kampus Go Green yang indah.”

Namun, harapan dan doa zulkifli terasa naif, jika melihat kondisi UNJ yang begitu bernafsu menjalankan pembangunan. Sehingga melupakan ruang terbuka hijau. Bedjo Sujanto sendiri pun pesimis dengan penghijauan lewat menenam pohon di UNJ. “Bagaimana nanti teknis di lapangan kita serahkan kepada panitia dan bibit pohon ini akan ditanam di sekeliling kampus, untuk menciptakan suasana ini tidaklah mudah maka dari itu harus melibatkan warga UNJ”, tandas rektor yang sudah menjabat selama dua periode itu.

Sementara itu, bibit pohon tersebut ditanam dari dari Biro Adminstrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), sepanjang jalan dari gedung FIP sampai ke depan kantin blok m, depan Gedung L, depan Gedung Fakultas Ilmu Sosial (FIS), lalu berakhir di depan Gedung IKK (Ilmu Kesejahteraan Keluarga).

guest83

Author

guest83

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *