Ada Yang Baru di MPA UNJ 2012

3 Comments

Rektor Bedjo Sujanto (kanan) pada Openeing Ceremony MPA 2011

Masa akademik tahun 2011-2012 memang belum usai, beberapa jurusan masih sibuk menggelar Ujian Akhir Semester. Namun, persiapan menyambut mahasiswa baru telah dilaksanakan pihak kampus. Masa Penngenalan Akademik (MPA) yang menjadi pintu masuk bagi mahasiswa baru memasuki UNJ kini mulai direncanakan.

Jum’at (8/6) bertempat di ruang sidang Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan diadakan rapat koordinasi mengenai MPA 2012 UNJ. Pertemuan tersebut oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Bidang Kemahasiswaan dari beberapa fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas.

MPA yang di tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan lima hari dibagi dua gelombang, kini hanya dilaksanakan satu gelombang dengan durasi dua hari ditambah briefing satu hari. Dua hari pelaksanaan
MPA dengan muatan satu hari Opening Ceremony dan Parade UKM, satu hari acara Fakultas dan Jurusan.

Disusutkannya waktu MPA dilakukan karena ada agenda tambahan, yakni pembinaan mahasiswa baru yang akan dialaksanakan selama sepuluh kali pertemuan setiap minggunya. Pembinaan ini akan diisi materi akademik, dan juga beragam materi lainnya sepert:achievment monitoring training, pendidikan karakter, penulisan ilmiah, Program Kreatifitas Mahasiswa, Program Mahasiswa Wirausaha.

“Pertimbangganya karena banyak saran bahwa MPA yang dilakukan sebelumnya kurang mengakomodasi kebutuhan mahasiswa karena hanya dilaksanakn tiga hari dengan dua gelombang,” papar Mustara, Staff pengembang Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan. “Makanya, pada rapat Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan sebelumnya, kami menghasilkan agenda pembinaan selama sepuluh kali pertemuan.”

Abdul Sukur, Pembantu Bidang Kemahasiswaan FIK mengatakan bahwa  materi-materi yang akan disampaikan merupakan rumusan rapat Pembantu Dekan. “Mahasiswa baru perlu diberi pengetahun bagaimana pendidikan di UNJ, Pendidikan Karakter, penulisan ilmiah, dan program-program kemahasiswaan lainnya. Hal tersebut akan berguna kelak hingga mahasiswa lulus kuliah.” katanya.

Sukur mencontohkan memasukan materi penulisan ilmiah karena beberapa waktu lalu Dirjen DIKTI mengeluarkan kebijakan mengeluarkan karya ilmiah bagi mahasiswa agar dapat menjadi sarjana.

Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA juga menambahkan bahwa agenda pembinaan masih dalam kerangka besar, “makanya kami mengundang perwakilan mahasiswa untuk membahas dan merumuskannya secara keseluruhan,” ujarnya.

Agenda eksperimen yang baru pertama kali ini diharap menuju sasaran dengan tepat, dan terkonsep dengan baik dan matang. Bukan hanya sekadar eksperimen reaksioner yang menghamburkan uang.

Anggar Septiadi

guest83

Author

guest83

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *