Renovasi Menghambat Regenrasi

1,145 Comments

MPA dimanfaatkan oleh UKM untuk menjaring kader-kader baru, namun terhambat karena renovasi gedung

Selasa, 28 Agustus 2012 renovasi gedung G resmi direalisasikan. Pengrenovasian dilaksanakan secara berkala, dimulai dari pembenahan bagian atap gedung. Renovasi ini sedikit mengganggu aktivitas gedung G, karena untuk sementara ruang seketariat maisng-masing unit yang direnovasi tidak dapat digunakan.

Apalagi, waktu renovasi berbarengan dengan Masa Pengenalan Akademik (MPA). Saat MPA merupakan waktu tersibuk unit, karena mereka berkonsentrasi menjaring maba. Terhambatnya kegiatan mereka bakal mebuat penjaringan kader menjadi terhambat. Pasalnya, dari tiap tahun ke tahun para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) selalu memanfaatkan MPA ini untuk mencari kader. Ini lah yang disayangkan oleh Beki, ketua Forum Komunikasi (FK-UKM). “Saya kurang setuju juga dengan waktu renovasi, karena para pegiat Unit gedung G lagi pada sibuk untuk mencari kader-kader baru,” kata Beki. Bagi dia, MPA merupakan acara yang sangat dimanfaatkan untuk menjaring kader sebanyak-banyaknya.

Namun, Pembantu Rektor III (PR III) Fakhrudin Arbah menganggap ini tidak ada masalah dengan renovasi. “Renovasi ini kan dilakukan berkala, tidak sekaligus dirombak. Jadi jika ada sebagian unit yang dirombak, unit yang dirombak ini bisa menumpang ke ruang unit yang tidak dirombak,” saran Fakhrudin.  Meskipun begitu, Secara logika hal ini tidak masuk akal. Meski gedung ini milik bersama, namun di setiap unit pasti punya kegiatan aktivitas yang berbeda-beda ditiap unitnya. Jadi jika di gabungkan, maka akan mengganggu kekondusifan aktivitas Unit tersebut. “ Bingung nih jadi mau pindah kemana,” seloroh Ghozi, ketua Lembaga Kajian Mahasiswa (LKM). .

Pembantu Dekan III (PD III) Sarkadi ikut menanggapi soal ini. “ Sangat disayangkan memang waktu renovasi yang bersamaan dengan MPA,” tukas Sarkadi ketika ditemui seusai memberikan sambutannya di MPA Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Sarkadi menambahkan bahwa organisasi tidak boleh mati. Jadi harus mesti diregenerasi terus-menerus.

Sayangnya, renovasi ini  tidak bisa ditunda. Pembantu Rektor II (PR II) Suryadi mengatakan, “renovasi ini sudah sesuai denga prosedur kontrak, jadi mesti dijalankan,” Ujar Suryadi. Jikalau terjadi penolakan, menurut pria berbadan gemuk ini, renovasi tidak bisa diundur,” bisanya digagalkan.”

Renovasi gedung tidak bisa dibatalkan. Sikap FK-UKM menhadapi ini menjadi dilematis.”Di satu sisi kita membutuhkan renovasi Gedung G ini, namun disisi lain ini mengganggu unit dalam mencari kader baru,” ucap Beki.

Pengerjaan renovasi ini dicanangkan selesai dalam kurun waktu 100 hari. Namun, melihat beberapa pembangunan yang terlihat dikampus yang terbengkalai, cukup mengkhawatirkan para UKM jikalau pembangunan ini bisa terbengkalai juga. “Kalau pembangunan yang seperti itu memang dananya hanya cukup sampai segitu,” tegasnya. Menurutnya, renovasi gedung G ini tidak akan terbengkalai. Fakhrudin pun menegaskan hal ini. “Karena perjanjian dengan pihak kontraktor jika tidak selesai dalam waktu yang ditentukan, maka uang yang sudah diberikan oleh Universitas akan dikembalikan lagi,” tuturnya. Bahkan dia berani member jaminan.

guest83

Author

guest83

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *