Keluarga Baru di Tanah Rantau

2 Comments

Organda tidak sekedar berdasarkan rasa primodialisme, tapi solidaritas.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) adalah satu-satunya universitas negeri di Jakarta. Letaknya yang berada di ibu kota negara menjadi salah satu daya tarik  bagi siswa yang ingin melanjutkan studinya ke bangku universitas. Hal ini menyebabkan komposisi mahasiswa di UNJ cukup heterogen karena berasal dari berbagai daerah. Heterogenitas mahasiswa memunculkan fenomena organisasi kedaerahan (organda). Dasar pembentukannya kesamaan identitas kedaerahan dan kesamaan tujuan.

Salah satu organda yang ada di UNJ contohnya Ikatan Keluarga Pelajar Belitong (IKPB). Organda tersebut dibentuk oleh pemerintah daerah (pemda) Belitong yang ingin mengumpulkan mahasiswanya di daerah perantauan. “Bukti keseriusan pemda terbukti dalam mudik bersama seluruh mahasiswa Belitong. Dan itu gratis,” ucap Angga Putra, mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Meskipun begitu IKPB sendiri sebenarnya belum mempunyai sekretariat. Tetapi ini tak menyurutkan kesolidan mereka (Mahasiswa Belitong-Red). Cara mengumpulkan mahasiswa dalam setiap kegiatan adalah dengan membuat grup di facebook. Dan, setiap mahasiswa dari Belitong sudah didata terlebih dahulu oleh pemda Belitong. Lebih lanjut, Angga menambahkan bahwa IKBP bukan hanya didirikan karena kesamaan daerah asal tapi juga satu komitmen, yaitu membangun Belitong setelah lulus.

Sementara itu, ada pula organda yang pada awalnya dibentuk secara kelompok oleh mahasiswa, contohnya Ikatan Mahasiswa Tegal (IMT). Organda tersebut dibentuk untuk menyatukan diri mahasiswa asal tegal di daerah rantau. Sedikit berbeda dengan IKPB, IMT telah mempunyai struktur keorganisasian yang tetap dan mempunyai sekretariat di bilangan Cempaka Timur. Selain itu, IMT juga terdapat di beberapa kampus lain. “Dalam menjalankan organisasinya IMT mendapat donator dari alumni dan iuran sukarela dari anggota,” tutur Rina, Sekretaris IMT. Mahasiswi yang terdaftar dijurusan Pendidikan Biologi 2011 ini menjelaskan, cara merekrut mahasiswa baru dengan menyebar selebaran di kampus dan mempunyai penanggung jawab disetiap fakultas.

Fungsi organda sendiri pada dasarnya ingin membuat semua anggotanya lebih dekat karena mereka mempunyai tradisi yang sama. Ibaratnya dengan organda mahasiswa mempunyai teman senasib sepenaggungan. “Kalo ada yang sakit pasti akan dibantu kok,” ucap Angga.

Jumlah anggota yang banyak tak mengurangi kesolidan IMT, dengan bekerja sama dengan Ikatan keluarga Besar Tegal (IKBT) dalam acara mudik bareng. Di dalam kampus sendiri, jika ada masalah menyangkut mahasiswa dari Tegal, IMT akan membantu mahasiswa walaupun belum anggota. “Kalo ada yang mengalai kesulitan akan coba kami bantu. Kami juga memberi info lowongan kerja untuk mengajar les atau privat,” Jelas Rina kepada didaktika.

Di UNJ sendiri masih banyak organisasi kedaerahan seperti Ikatan Keluarga Mahasiswa Banten (IKMB), Ikatan Mahasiswa Lampung, mahasiswa dari Bangka mempunyai ISBA , dan masih banyak lagi. Banyaknya organda di UNJ tak luput dari pengamatan Komaruddin Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Ia memberi tanggapan bahwa organda lahir dari kedekatan dan kesamaan entah itu kesamaan minat, kepercayaan, nilai, usia, tingkat intelejensi, atau karakter-karakter personal lain dalam kehidupan sehari-hari. Itulah yang menjadi dasar pembentukan organda. Apalagi, UNJ berada di ibu kota negara butuh penyesuaian dari mahasiswa dan itu tidak mudah jika hanya dilakukan sendiri.

Lebih lanjut, ia mengatakan hal-hal bernuansa primordial masih sangat diperlukan untuk negara maju sekalipun. Ini guna memupuk rasa solidaritas antar mahasiswa daerah. Dengan adanya organisasi kedaerahan Komaruddin berharap mahasiswa dari daerah bisa terpacu meraih prestasi yang terbaik dan dapat mengabdi membangun daerah asalnya. Dekan yang juga dosen jurusan sosiologi ini menambahkan, “tapi organisasi kedaerahan hanya sekedar untuk romantisme daerah dan tidak efektif seperti hanya untuk berkumpul saja, lebih baik bubarkan saja.”

guest83

Author

guest83

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *