UNJ Bermimpi

2 Comments

Building Future Dreamer

Ketika fajar mulai menampakkan sinarnya, terdengar gemuruh lagkah mahasiswa baru (maba). Kostum putih hitam dengan berbagai atribut masing-masing fakultas, mereka kenakan untuk mengikuti pembukaan Masa Pengenalan Akademik (MPA) 2013 di Gedung Serba Guna (GSG), kampus B Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pembukaan MPA 2013 dibuka langsung oleh Rektor UNJ Bedjo Sujanto pada (19/8) pukul 09.00 WIB. Dengan proses penurunan bendera masing-masing fakultas, serta pemakaian almamater secara simbolis kepada perwakilan maba masing-masing fakultas MPA 2013 resmi dibuka.

Acara pembukaan MPA tersebut diliputi berbagai acara. Salah satunya pidato rektor. Dalam pidatonya Bedjo memberikan motivasi kepada maba bahwa menjadi mahasiswa harus berpikir positif dan dapat meningkatkan kemampuan diri agar dapat menjadi pemimpin di masa depan. Ia juga menjelaskan tentang proses pembentukan hidup manusia yang tercetus atas hasil pemikiran diri sendiri. “Hidup kita adalah bagaimana kita berpikir seperti diri kita,“ paparnya.

Impian, itulah hal berikutnya yang Bedjo ungkap. Ia menjelaskan titik menuju kehidupan yang akan datang itu dimulai dari impian. “Bangun mimpi-mimpi itu, dan anda akan tahu nantinya menjadi seperti apa. Sungguh-sungguhlah mempersiapkan diri untuk sukses dimulai dari keyakinan. Bahwa anda mau mewujudkan semuanya,” ujurnya dengan bersemangat.

Sayangnya, saat rektor tengah menyampaikan himbauan-himbauannya dengan penuh semangat, ada beberapa mahasiswa yang tidak memperhatikan. “Tadi kurang perhatiin, soalnya duduk dibelakang, jadi gak jelas deh,” ungkap Ika maba jurusan Tata Rias. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Paling tidak, daya tampung GSG yang tak mencukupi jumlah maba membuat acara berjalan kurang kondusif. “Bagus sih pidatonya motivasi gitu, tapi ruangannya sempit jadi kurang nyaman,” papar Sanur Samose, maba jurusan Ekonomi Administrasi, Fakultas Ekonomi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat. Impian berarti suatu barang yang sangat diinginkan. Tak bedanya dengan manusia, kampus pun punya hal yang sangat diimpikan. Ketika ditanyakan tentang impian kampus kepada sang rektor ia hanya menjawab singkat, “impian kampus ya seperti motto, building, feature, leaders.” Hal ini berarti kampus memimpikan dapat mempersiapkan pemimpin masa depan. Namun, pada kenyataannya saat ini masih ada beberapa pejabat kampus yang terlibat kasus korupsi.

Begitu pula dengan tema MPA UNJ Dengan semangat MPA, Wujudkan Mahasiswa UNJ yang Berkarakter dan Berprestasi. Di dalamnya tersirat banyak mimpi. Seperti diharapkan Kornelius Pinondang, ketua MPA 2013. Ia memimpikan karakter maba yang lebih kritis, interaktif, sehingga dapat mengeluarkan pendapatnya. Tapi, lagi-lagi mimpi itu terpatahkan ketika sejumlah tugas, atau atribut yang sebenarnya tidak berkaitan dengan akademik. Begitu banyak diberikan panitia, dan maba tidak pernah diberi kesempatan bertanya mengapa mereka diberikan tugas-tugas aneh tersebut. Sehingga membuat hal seperti itu dianggap wajar oleh mereka.

Tsalis Sakinah

guest83

Author

guest83

Up Next

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *