Paradoks Imbauan Berorganisasi

1 Comment

“Jika ada organisasi yang menghambat perkuliahan, lebih baik tidak usah ikut.”

Senin (24/08), Masa Pengenalan Akademik (MPA) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) resmi dibuka oleh Rektor UNJ Djaali. Pembukaan MPA dilaksanakan di Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur ini diikuti oleh sekitar 5475 mahasiswa baru (maba). Pada kesempatan tersebut, Djaali menyampaikan harapan kepada maba untuk lulus tepat waktu yakni empat tahun.

“Hari ini saudara diterima di UNJ, empat tahun yag akan datang saudara harus lulus. Harapan kami, empat tahun mendatang minimal 80% dari saudara-saudara sudah lulus,”ucap Djaali dihadapan maba. Hal ini bukan tanpa sebab, kata Djaali, UNJ pada 2015 ini mendapat akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tak hanya itu, lanjutnya, dengan cepat lulus maka akan memeberi kesempatan lebih untuk maba tahun-tahun berikutnya karena kuota mahasiswa di UNJ terbatas.

Tak cukup sampai di situ, Djaali juga mengimbau kepada maba untuk aktif berkegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). “Kalian pun punya kewajiba untuk ikuti aktivitas di dalam organisasi-organisasi kemahasiswaan karena banyak pengamalan di dalam aktivitas kemahasiswaan yang saudara tidak dapatkan di bangku perkuliahan,” katanya. Akan tetapi, Djaali menyatakan bahwa tidak sedikit mahasiswa yang aktif di berkegiatan di UKM, mengabaikan perkuliahn sehingga tidak bisa lulus tepat waktu. “Kalian harus pintar mengatur waktu. Jika ada organisasi yang menghambat perkuliahan, lebih baik tidak usah ikut,” tegasnya.

Senada dengan Djaali. Andy Hadiyanto, Pembantu Dekan (PD) III Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menyatakan. Mahasiswa punya kesempatan berkiprah di kampus selama empat tahun. Selama itu, mahasiswa dapat merencanakan program akademis dan program organisasi secara baik. “Kampus memberikan kebebasan untuk mahasiswa mengaktualisasikan bakat dan minatnya masing-masing. Tinggal bagaimana mahasiswa memanfaatkannya,” ucapnya.

Sementara itu, Taufik Hidayat, Koordinator Bidang Kesekretariatan dan Rumah Tangga Unit Kesenian Mahasiswa tidak sependapat jika ada organisasi yang menghambat kelulusan. “Itu semuanya ada diproses individu di setiap organisasi. Sebab aturan di setiap organisasi itu berbeda-beda,” ucapnya. Mahasiswa Pendidikan Sejarah 2011 ini menambahkan bahwa tidak ada jaminan mahasiswa yang tidak ikut organisasi akan lulus tepat waktu. “Baik ikut organisasi maupun tidak, semua tergantung pada orientasi kuliah masing-masing individu,” tutupnya.

guest83

Author

guest83

Up Next

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *