Sumber Daya Alam Dikuasai Korporasi, Indonesia Belum Merdeka

1 Comment

freeport“Definisi Merdeka adalah berdaulat atas tanah, air, udara. Selama 70 tahun ini, Indonesia belum melaksanakan hal tersebut.”

Solidaritas Pemuda Rawamangun (SPORA) dan beberapa kelompok pemuda membentuk Aliansi bernama Front Nasionalisasi Freeport (FNF). Mereka melakukan aksi pada Selasa, (08/12) dari kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menuju Kantor PT .Freeport Indonesia di Kuningan, Jakarta Selatan. Koordinator aksi, Avruz, menyatakan, kasus Freeport yang berkembang di media mainstream saat ini tidak menyentuh hal substantif. “Di media isu yang berkembang hanya sengkarut pencatutan nama. Padahal yang paling penting  adalah memutus izin kontrak Freeport Indonesia,” tegasnya.

Tak hanya nasionalisasi Freeport, Dinamisator Lapangan, Andika Baehaqi menyatakan pemerintah harus menghapus UU PMA No.1 Tahun 1967. “Selama ini, melalui UU PMA, banyak korporasi besar menjarah hasil bumi Indonesia,”ungkapnya. Ia melanjutkan, selama ini adanya korporasi asing sama sekali tidak menguntungkan masyarakat Indonesia. “Lihat saja masyarakat Papua yang masih miskin, bahkan Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi miskin di Indonesia,” geramnya.

Seperti diketahui, PT. Freeport Indonesia adalah sebuah perusahaan pertambangan yang mayoritas sahamnya dimiliki Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc.(AS). Freeport Indonesia telah melakukan eksploitasi di dua tempat di Papua, masing-masing tambang Erstberg (dari 1967) dan tambang Grasberg (sejak 1988), di kawasan Tembaga Pura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Namun, tak hanya emas dan tembaga. Freeport juga mengeruk uranium yang berada di tanah Papua. Kontrak PT Freeport Indonesia akan habis pada 2021. Sementara, keputusan perpanjangan kontrak Freeport di Indonesia baru dapat dilakukan pada 2019 atau 2 tahun sebelum kontrak habis.

Satriono Priyo Utomo, Guru SMA Don Bosco yang mengikuti aksi ini berpendapat, jika korporasi besar semacam freeport masih berada di Indonesia, maka dapat dikatakan bahwa Indonesia belum merdeka. “Definisi Merdeka adalah berdaulat atas tanah, air, udara. Selama 70 tahun ini, Indonesia belum melaksanakan hal tersebut,” tegasnya. Di akhir aksi ini, FNF, melalui Avruz menyatakan akan kembali melakukan demonstrasi pada kamis, 10 Desember mendatang.

VRU

guest83

Author

guest83

Up Next

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *