IGCP 2019: Ajang Memupuk Sportivitas Berskala Internasional

No Comment Yet

Jum’at (5/7/19), Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta (KMPA Eka Citra UNJ) menyelenggarakan pembukaan acara International Gebyar Citra Pemuda 2019 (IGCP 2019). Pembukaan ini diadakan di Aula Bung Hatta, Gedung Pascasarjana, UNJ.

Sekitar pukul 18.30 WIB, pelataran Aula Bung Hatta dipenuhi oleh panitia dan peserta IGCP. Tak lupa juga, beberapa mahasiswa UNJ dan media partner yang terlibat dalam acara IGCP 2019 ikut menunggu pembukaan acara IGCP 2019 di pelataran Aula tersebut.

Waktu menunjukkan pukul 19.20 WIB, pintu Aula Bung Hatta pun dibuka oleh panitia, disusul instruksi kepada semua hadirin untuk memasuki ruangan Aula. Pers dan media partner dipersilakan memasuki ruangan Aula lebih dulu. Disusul oleh atlet nasional dan mahasiswa UNJ.

Atlet Internasional asal Portugal, Malaysia, Thailand, Taiwan dan Kenya masih berbaris, menunggu giliran untuk masuk. Selanjutnya, Master of Ceremony (MC) menyebut nama Negara asal atlet Internasional, pertanda panggilan kepada atlet tersebut untuk segera memasuki ruangan. Dengan didampingi panitia IGCP yang mengibarkan bendera asal atlet, atlet Internasional pun melangkah masuk dan menempati kursi yang disediakan panitia. Pers dan media partner juga tak luput dari euforia ini dan mengambil gambar serta merekam video momen ini.

Setelah semua hadirin memasuki ruang Aula, acara pun dipandu oleh MC. Sebagai awalan, seluruh hadirin berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, yaitu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan tarian Ondel-Ondel, beberapa hadirin pun terlihat menggunakan smartphone-nya, mengambil gambar serta merekam hiburan tersebut. Hadirin bertepuk tangan saat tarian Ondel-ondel selesai.

MC kembali memandu acara dan mempersilakan Ketua Pelaksana IGCP 2019, Ramandika Putra untuk menyampaikan sambutannya. Ramandika menjelaskan peran pemuda, sesuai tema IGCP 2019, yaitu Youth Spirit of Indonesia. Ia menyatakan bahwa pemuda harus memiliki semangat, sebab pemuda adalah pemimpin di masa depan. “…saya harap, acara ini (IGCP 2019) dapat menjadi wadah bagi pemuda untuk bersaing dan berprestasi,” ujar Ramandika.

Selanjutnya, Nugroho Adi Saputro, selaku Ketua KMPA Eka Citra UNJ juga menyampaikan sambutannya. Nugroho memaparkan bahwa acara IGCP 2019 ini pernah diselenggarakan oleh KMPA Eka Citra UNJ dengan skala wilayah yang lebih kecil, yaitu tingkat DKI Jakarta pada 2009 dan 2013. “Pada tahun ini (2019), kami mencoba untuk melanjutkan semangat kakak senior KMPA Eka Citra UNJ dan memperluas skala wilayah menjadi Internasional. IGCP pun menjadi event orienteering pertama di Indonesia berskala Internasional, yang diselenggarakan oleh mahasiswa,” tuturnya.

Setelah sambutan Ketua Pelaksana dan Ketua KMPA Eka Citra UNJ, Evita Adnan, selaku dosen pembimbing KMPA Eka Citra UNJ turut menyampaikan sambutannya. Ia berharap bahwa IGCP akan berjalan dengan lancar. “and I hope you all enjoy (IGCP 2019), with full of friendship and supportivity,” harapnya. Dilanjutkan dengan membunyikan gong oleh Evita, acara IGCP 2019 resmi dibuka.

Sebagai penutup acara pembukaan IGCP 2019, Unit Kesenian Mahasiswa UNJ pun menampilkan tarian Nusantara Indonesia. Acara pun ditutup dengan berfoto bersama panitia, atlet, dan hadirin di Aula Bung Hatta.

Izwan, atlet asal Malaysia menyatakan pujiannya terhadap pembukaan IGCP 2019 ini. “Acaranya bagus, dan ramai,” ucapnya. Izwan juga berharap bahwa pada tahun-tahun mendatang, panitia IGCP dapat mengundang lebih banyak atlet Internasional untuk kompetisi ini.

Sejalan dengan Izwan, Firman, atlet Nasional dari perhimpunan Binturung yang ikut kompetensi orienteering junior ini menyatakan bahwa—menurut pengalaman lombanya–IGCP 2019 adalah acara yang paling ramai. Ia juga berharap, acara ini berjalan lancar tanpa gangguan. “Terutama cuaca, semoga bagus,” tuturnya.

Penulis: Annisa Nurul H.S.

Editor: M. Rizky Suryana

redaksi304

Author

redaksi304

Up Next

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *