Solidaritas Antar Komunitas Untuk Masyarakat Merapi

No Comment Yet

Puluhan mahasiswa mengelilingi daerah sekitar kampus dalam rangka penggalangan dana untuk masyarakat terdampak Merapi. Galang dana tersebut betajuk “Merapi Memanggil” yang diinisiasi oleh Forum Antar Komunitas (FAK) UNJ. Kegiatan tersebut, dilakuksanakan sejak Senin, (23/11) sampai Jumat, (27/11).

Fachry Azkary selaku koordinator kegiatan tersebut menuturkan, Berita mengenai erupsi Merapi ini kurang terangkat oleh media-media. Maka kami (FAK) yang terdiri dari SPORA, Flamboyan, Jak Mania UNJ, Mesin Care, mengadakan galang dana.

Menurutnya di sana (Merapi) selain membutuhkan bantuan seperti pakaian, bahan makanan, serta obat-obatan, mereka juga turut membutuhkan uang. Maka kegiatan galang dana dilakukan oleh FAK-UNJ. Ia menambahkan untuk pengumpulan dana memang dengan cara mengamen berkeliling area kampus dan sekitarnya. Serta dapat juga dikirimkan ke beberapa rekening dan dompet virtual.

 “Sampai tanggal 27 sudah terkumpul dana sebanyak Rp1.270.000 dari hasil berkeliling kampus dan dari sumbangan masyarakat melalui rekening yang kami sediakan. Untuk penyerahan bantuan dana tersebut rencananya akan diserahkan langsung oleh perwakilan dari tiap-tiap komunitas pekan depan,” ujarnya

Ibnu yang merupakan anggota Jak Mania UNJ,  mengungkapkan acara seperti galang dana dan bakti sosial memang sudah ada dalam program dari komunitasnya. Serta karena melihat semangat dari kawan-kawan FAK-UNJ maka dia sendiri sangat mengapresiasi hadirnya acara ini. Selain  menggalang dana untuk kebutuhan di Merapi. Baginya acara seperti ini dapat juga menjadi ajang silaturahmi antar komunitas yang ada di kampus.

“Harapannya acara galang dana ini dapat membantu meringkan kebutuhan warga terdampak erupsi Merapi. Serta kedepannya setiap komunitas semakin akrab dan mengenal satu sama lain”, ungkap Ibnu.

Senada dengan Ibnu, Devia mengatakan galang dana ini diharapkan dapat meringkan kebutuhan orang yang ada di Merapi. Ia mengaku dengan adanya kegiatan galang dana ini dapat berkenalan dengan banyak komunitas lain. Selain itu kegiatan ini juga bersifat positif sehingga, dapat terus dilestarikan kedepannya oleh kawan-kawan FAK-UNJ jika terdapat bencana di daerah lain.  

Di akhir wawancaranya ia menyampaikan untuk komunitas-komunitas lain khususnya turut andil dalam kegiatan ini. Bisa dalam bentuk uang atau logistik dengan cara transfer ke rekening yang tersedia. Atau bisa langsung memberikan ke perwakilan tiap-tiap komunitas.

“Orang-orang di sana sangat membutuhkan uluran tangan dari kita, maka untuk komunitas-komunitas atau siapapun yang ingin ikut andil. Dengan memberikan bantuan dalam bentuk apapun saya sendiri sangat berterima kasih. Karena hal tersebut dapat meringankan orang-orang yang kini tertimpa bencana di sana,” ucapnya. Hingga saat ini aktivitas gunung Merapi terus mengalami peningkatan. Dilansir Kompas.com, Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida menjelaskan, dua minggu pasca kenaikan status Gunung Merapi terus menunjukkan peningkatan aktivitas. Kabar terakhir Gunung Merapi kini berada pada status siaga tiga.

Penulis/Reporter: Mukhtar Abdullah

Editor: Muhamad Muhtar

redaksi304

Author

redaksi304

Up Next

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *